Apakah fungsi semburan kabus (fogging)?
Mengapa perlunya semburan fogging dijalankan di dalam rumah?

Memberi impak yang besar dalam kawalan demam denggi dengan membunuh nyamuk dewasa bervirus yang dikhuatiri masih berada di dalam rumah.

Semburan kabus (fogging) adalah semburan racun pembunuh nyamuk Aedes dewasa yang membawa virus dengan segera supaya penyakit denggi dapat dikawal daripada merebak. Biasanya semburan kabus (fogging) akan dilakukan oleh pihak berkuasa atau pihak fasiliti apabila terdapat kes demam denggi disesuatu kawasan atau di mana-mana kawasan yang ada Indeks Aedes Yang tinggi.



fogging merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan di berbagai daerah, terutama pemukiman dan sekolah. Fogging adalah sebuah teknik pengendalian vektor penyakit, khususnya nyamuk, dengan membunuh nyamuk dewasa dan jentiknya, menggunakan racun serangga. Mesin fogging akan memompa dan menyemburkan racun serangga tersebut dengan cara disemprotkan.

Sekilas membaca, fogging tampak seperti teknik yang berbahaya. Bagaimana tidak? Membiarkan rumah disemprot racun serangga yang tentunya dapat melekat di perabot dan bertahan di udara dalam waktu yang tidak sebentar, apakah aman untuk diri dan keluarga? Sebelum khawatir tanpa alasan, mari simak lima fakta tentang fogging berikut ini.

2. Mengapa dilakukan fogging?
Penyakit yang pelik2 skrg keluar (COVID19). Vektor utama penularan penyakit ini adalah nyamuk spesifik Aedes aegypti, nyamuk yang memiliki siklus hidup yang dapat bertahan di daerah desa mahupun kota raya.

Aedes aegypti betina dapat bertelur di tempat basah mana saja, meski sangat kecil. Mereka dapat ditemukan di tumpukan sampah di perkotaan, ataupun genangan air di pedesaan. Telurnya juga dapat bertahan di tempat yang kering dalam jangka waktu yang panjang, bahkan hingga satu tahun dan menetas saat terendam kembali dalam air.

Walau bukan metode pencegahan utama, fogging adalah salah satu cara yang masih dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes agypti dewasa. Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat.

3.Bila dan di mana dilakukan fogging?
dikawasan kene penyakit aedis

Petugas kemudian akan melakukan penyelidikan epidemiologi di sekitar lingkungan penderita DBD terlapor untuk mengetahui apakah ada penderita DBD lainnya atau penderita demam dalam waktu yang dekat

Petugas juga akan memeriksa apakah ada jentik2 di tempat-tempat penampungan air, baik di dalam maupun luar rumah, dalam radius 100 meter dari lokasi tinggal pesakit.

By ikleens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enable Notifications    OK No thanks